Rabu, 05 Maret 2008

TIPS - TIPS MENJADI HACKER

Hacker dengan keahliannya dapat melihat & memperbaiki kelemahan perangkat lunak di komputer; biasanya kemudian di publikasikan secara terbuka di Internet agar sistem menjadi lebih baik. Sialnya, segelintir manusia berhati jahat menggunakan informasi tersebut untuk kejahatan - mereka biasanya disebut cracker. Pada dasarnya dunia hacker & cracker tidak berbeda dengan dunia seni, disini kita berbicara seni keamanan jaringan Internet.

Saya berharap ilmu keamanan jaringan di tulisan ini digunakan untuk hal-hal yang baik - jadilah Hacker bukan Cracker. Jangan sampai anda terkena karma karena menggunakan ilmu untuk merusak milik orang lain. Apalagi, pada saat ini kebutuhan akan hacker semakin bertambah di Indonesia dengan semakin banyak dotcommers yang ingin IPO di berbagai bursa saham. Nama baik & nilai sebuah dotcom bisa jatuh bahkan menjadi tidak berharga jika dotcom di bobol. Dalam kondisi ini, para hacker di harapkan bisa menjadi konsultan keamanan bagi para dotcommers tersebut - karena SDM pihak kepolisian & aparat keamanan Indonesia amat sangat lemah & menyedihkan di bidang Teknologi Informasi & Internet. Apa boleh buat cybersquad, cyberpatrol swasta barangkali perlu di budayakan untuk survival dotcommers Indonesia di Internet.

Berbagai teknik keamanan jaringan Internet dapat di peroleh secara mudah di Internet antara lain di http://www.sans.org, http://www.rootshell.com, http://www.linuxfirewall.org/, http://www.linuxdoc.org, http://www.cerias.purdue.edu/coast/firewalls/, http://www.redhat.com/mirrors/LDP/HOWTO/. Sebagian dari teknik ini berupa buku-buku yang jumlah-nya beberapa ratus halaman yang dapat di ambil secara cuma-cuma (gratis). Beberapa Frequently Asked Questions (FAQ) tentang keamanan jaringan bisa diperoleh di http://www.iss.net/vd/mail.html, http://www.v-one.com/documents/fw-faq.htm. Dan bagi para experimenter beberapa script / program yang sudah jadi dapat diperoleh antara lain di http://bastille-linux.sourceforge.net/, http://www.redhat.com/support/docs/tips/firewall/firewallservice.html.

Bagi pembaca yang ingin memperoleh ilmu tentang jaringan dapat di download secara cuma-cuma dari http://pandu.dhs.org, http://www.bogor.net/idkf/, http://louis.idaman.com/idkf. Beberapa buku berbentuk softcopy yang dapat di ambil gratis dapat di ambil dari http://pandu.dhs.org/Buku-Online/. Kita harus berterima kasih terutama kepada team Pandu yang dimotori oleh I Made Wiryana untuk ini. Pada saat ini, saya tidak terlalu tahu adanya tempat diskusi Indonesia yang aktif membahas teknik-teknik hacking ini - tetapi mungkin bisa sebagian di diskusikan di mailing list lanjut seperti kursus-linux@yahoogroups.com & linux-admin@linux.or.id yang di operasikan oleh Kelompok Pengguna Linux Indonesia (KPLI) http://www.kpli.or.id.

Cara paling sederhana untuk melihat kelemahan sistem adalah dengan cara mencari informasi dari berbagai vendor misalnya di http://www.sans.org/newlook/publications/roadmap.htm#3b tentang kelemahan dari sistem yang mereka buat sendiri. Di samping, memonitoring berbagai mailing list di Internet yang berkaitan dengan keamanan jaringan seperti dalam daftar http://www.sans.org/newlook/publications/roadmap.htm#3e.

Buka sekaligus beberapa windows

Jangan biarkan diri Anda menunggu terlalu lama untuk loading gambar yang tidak Anda perlukan. Untuk mengefektifkan akses website Anda bisa membuka sekaligus beberapa windows. Tapi jangan terlalu banyak (untuk beberapa komputer bisa menyebabkan hang). Untuk membuka jendela baru, dari menu File pilih New lalu pilih Window. Atau gunakan shortcut Ctrl + N.

Efektifkan download Anda

Anda sering download file/software dari internet ? Bila ya maka sebaiknya Anda menggunakan software bantu untuk download seperti GoZilla. Dengan Go!Zilla hasil download Anda lebih terjamin dan yang bagus Anda Anda dapat melakukan pause dan resume.

Menghapus URL history

Tidak ingin ada orang lain yang mengetahui situs apa saja yang barusan Anda buka ? Hapus daftar situs yang terletak pada location bar browser Anda. Bila Anda memakai Netscape, dari menu Edit pilih Preference. Pindah ke Category Navigator. Untuk menghapus daftar situs, klik button dg tulisan Clear Location Bar.

Untuk Internet Explorer 4.x, klik menu View, pilih Internet Options. Pada tab Kliktombol Clear History untuk menghapus URL History beserta historynyaGeneral, klik pada button Clear History.

Untuk Internet Explorer 5.x, klik menu Tools, pilih Internet Options. Selanjutnya sama dg IE 4.x.

Menghapus cache pd browser

Untuk lebih amannya bila Anda main di warnet, Anda perlu menghapus cache browser.
Untuk Netscape Navigator 4.06 :
1. Pilih menu Edit - Preferences.
2. Pada bagian Category pilih Advanced - Cache.
3. Klik pada Clear Memory Cache & Clear Disk Cache. (Versi lainnya silahkan cari pd menu yg terdapat Preferences.)

Untuk Internet Explorer 4 :
1. Pilih menu View - Internet Options.
2. Pada tab General & bagian Temporary Internet Files klik Deletes Files. Untuk versi lainnya silahkan cari pd menu yg terdapat Internet Options).

Mempercepat koneksi, jangan tampilkan image

Kalau Anda lebih mementingkan isi tulisan daripada tampilan gambarnya, ada baiknya Anda mendisable auto load image sehingga browser Anda tidak menampilkan image. Dengan tidak menampilkan image koneksi internet Anda sedikit lebih gegas. Caranya untuk Netscape Navigator, pilih Edit, lalu Preferences. Pindah ke category Advanced. Hilangkan tanda check pada bagian Automatically load images.

Untuk IE 5.x, dari menu Tools pilih Internet Options. Pindah ke tab Advanced. Cari bagian Multimedia. Lalu hilangkan tanda check pada Show picture. Juga pada Play animations, Play sounds, dan Play videos.

Kirim email dengan cepat

1. Buat file email.bat di c:\windows dengan notepad.
2. Ketikkan START "mailto:%1".

Untuk mengirim email cukup klik tombol Start - Run. Ketikkan kirim yang diikuti dengan alamat email yang akan dituju.
Misalnya, kirim dewi@mail.com, tekan enter.

Menyimpan halaman web secara lengkap

Saat Anda menjelajahi internet mungkin Anda menemukan situs yang menarik dan berkeinginan untuk menyimpannya. Bagaimana caranya ? Mudah saja. Gunakan Internet Explorer versi 5.x. Dengan IE 5.x tersebut Anda bisa menyimpan halaman web secara lengkap termasuk image, animasi, javascript dan file css-nya. Sehingga Anda bisa membacanya secara offline tanpa mengurangi keindahanenghemat pulsa untuk mengirim email

Supaya sambungan internet langsung putus secara otomatis setelah semua mail di kirim ke Internet dan mail di server di ambil, ikuti langkah di bawah ini :

  • Dari MS Outlook Express, klik menu Tools - Options.
  • Pindah ke tab Connection.
  • Beri tanda check pada "Hang up after sending and receiving".

Untuk versi MS Outlook Express yang lain :

  • Dari MS Outlook Express, klik menu Tools - Options.
  • Pindah ke tab Dial Up.
  • Beri tanda check pada "Hang up when finished sending, receiving, or downloading".

Dengan cara demikian setiap kali kita menekan tombol send-receive maka hubungan internet akan terputus secara otomatis setelah semua transaksi pengiriman dan penerimaan e-mail dilakukan.

tampilannya.

2 komentar:

smangattt,hidup itu suma sekali!!! mengatakan...

bagus sekali
tapi kamu pa dah bisa?

smangattt,hidup itu suma sekali!!! mengatakan...

embhohhhh!!!! aku bingung!!!